Faktor Penghambat Dalam Menulis

faktor penghambat dalam menulis

Jakportal.com - Penulis sering mengalami berbagai hal yang dapat menghambat dalam menulis. Hal seperti ini sudah tidak asing lagi kita dengar. Meskipun kita sudah sering kali menghindari hal-hal yang dapat menghambat dalam menulis, namun ada saja yang menghambatnya untuk meneruskan tulisannya tersebut.

Berikut ini adalah faktor penghambat dalam menulis, yaitu :
1. Sudah ada ide, namun belum juga memulai untuk menulis.
Faktor seperti ini sering saja terjadi, karena menulis membutuhkan konsentrasi yang penuh untuk menuangkan ide-ide yang sudah ada di kepala. Biasanya ini sering terjadi ketika penulis hendak ingin memulai untuk menulis, ada suara yang mengganggunya dalam berkonsentrasi.

Seperti contoh : Ani sudah ada ide untuk menulis, nah ketika si Ani hendak menulis tiba-tiba ponselnya berbunyi; ada pesan masuk dan itu pesan yang penting dari salah satu kerabatnya, sebut saja namanya Bunga. Bunga memberitahu bahwa ayahnya meninggal dunia dan akan dimakamkan pada hari itu juga.

Dari contoh yang dijelaskan di atas, otomatis waktu pengerjaannya akan tertunda dan tidak menutup kemungkinan ia akan ingat apa yang akan ia tulis pada hari itu.

2. Menulis tapi dikejar deadline.
Biasanya hal ini sering tejadi jika ada perlombaan menulis yang karyanya akan dijadikan buku, ingin ikutan tapi deadline hari itu juga atau bisa disebut perlombaan menulis dadakan. Banyak penulis yang terkadang malas untuk mengerjakannya karena dia merasa waktu pengerjaannya hanya sedikit. Padahal, jika penulis jeli apa tujuan dari panitia perlombaan pasti mereka akan semangat dalam mengerjakannya dan segera menyelesaikan tulisan tanpa ada gangguan apapun. Karena tujuan panitia mengadakan perlombaan dadakan seperti ini untuk melatih si penulis agar dapat tepat waktu dalam mengerjakan segala sesuatu, apalagi para reporter biasanya tulisan harus selesai sebelum deadline, karena tahu sendiri kan tugas reporter itu harus memberikan berita yang terupdate setiap harinya.

3. Menulis dalam keadaan yang tidak stabil atau kesehatan sedang tidak baik.
Faktor seperti ini yang tidak bisa dihindari lagi, namun sebagai penulis jika ingin menghasilkan karya yang banyak, menerbitkan buku-buku solonya pasti ia akan selalu menjaga stamina tubuhnya. Mungkin juga ia harus banyak-banyak meminum air putih, makan yang teratur dan tidur yang teratur disertai minum vitamin herbal yang dianjurkan oleh dokter untuk menjaga stamina tubuh agar tetap fit. (IDM)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir, melalui email redaksi[at]jakportal.com
beserta dengan biodata lengkap.
Kiriman Anda akan di muat di kanal citizen journalism (Suara Indonesia).
Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi dan mengikuti aturan Jakportal.com

Email Redaksi : redaksi[at]jakportal.com - Iklan : iklan[at]jakportal.com / marketing[at]jakportal.com


jakportal
Rate this article!
Tags:
Has been viewed 641 times