Membaca Buku Dapat Menambah Ilmu Pengetahuan

reading

Jakportal.com - Buku adalah bahan bacaan masyarakat yang dibuat bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan serta menambah wawasan pada pola pikir masyarakat. Dengan membaca, kita dapat mengetahui berbagai macam ilmu pengetahuan yang ada didalam buku, artikel yang ada diinternet maupun ebook-ebook yang kita dapatkan.

Kebanyakan orang begitu sibuk dengan kehidupannya sehingga tidak banyak waktu untuk membaca buku, karena kebanyakan orang lebih senang menonton film, televisi atau bermain komputer, serta mendengarkan info dari orang lain daripada harus membaca buku apalagi buku yang sampai beratus-ratus halaman. Padahal membaca tidak hanya memperkaya wawasan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut ini ada 5 manfaat membaca untuk kesehatan, yaitu :
1. Membaca dapat melatih otak
Salah satu keuntungan membaca buku adalah sebagai latihan otak dan pikiran. Membaca dapat membantu menjaga otak agar selalu menjalankan fungsinya secara sempurna. Saat membaca, otak dituntut untuk berpikir lebih sehingga dapat membuat orang semakin cerdas. Tapi untuk latihan otak ini, membaca buku harus dilakukan secara rutin (dilakukan terus menerus).

2. Membaca dapat meringankan stres
Stres adalah faktor risiko dari beberapa penyakit berbahaya. keindahan bahasa dalam tulisan dapat memiliki kemampuan untuk menenangkan dan mengurangi setres, terutama membaca buku fiksi sebelum tidur. Cara ini dianggap bagu untuk mengatasi stres. Karena biasanya orang yang sedang mengalami setres jika ia terus memikirkan masalah yang terjadi, maka ia akan mengalami gangguan jiwa. Jadi cobalah untuk menenangkan pikiran Anda dengan banyak-banyak membaca. Bacalah apa yang Anda senangi maka itu akan membantu Anda dalam meringankan depresi yang terjadi pada diri Anda.

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir, melalui email redaksi[at]jakportal.com
beserta dengan biodata lengkap.
Kiriman Anda akan di muat di kanal citizen journalism (Suara Indonesia).
Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi dan mengikuti aturan Jakportal.com

Email Redaksi : redaksi[at]jakportal.com - Iklan : iklan[at]jakportal.com / marketing[at]jakportal.com


jakportal
Tags:
Has been viewed 1,959 times