Kiat Menghemat BBM

kiat menghemat bbm jakportal

Jakportal.com - Harga BBM yang sering tak menentu terkadang membuat sebagian pemilik kendaraan menjadi pusing. Harus ada perhitungan lebih lanjut agar mobil kesayangan bisa digunakan meski harga BBM mahal. Tali dompet harus diikat kencang. Masalah ini memerlukan solusi.

Harga BBM yang semakin melambung, membuat sebagian besar orang harus pintar untuk menghemat pemakaian BBM. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu jangan memanaskan mesin terlalu lama. Jika ingin melajukan mobil lebih cepat, langsung pindahkan gigi ke posisi lebih tinggi.

Langkah selanjutnya yaitu usahakan tidak menekan pedal gas cukup dalam lebih dari 80 persen. Gunakan gigi paling tinggi ketika melaju cepat di jalan tol. Jika sedang melaju di jalan tol, usahakan kecepatan mobil sekitar 70 km / jam. Lajukan mobil dengan kecepatan konstan. Jangan terlalu sering menekan pedal gas dan melakukan pengereman secara tiba - tiba.

Langkah yang terakhir adalah semakin tinggi kecepatan kendaraan, maka hambatan angin semakin besar. Nilai hambatan akan bertambah bila terjadi hujan. Mobil memerlukan perangkat aerodinasmis, seperti deflektor udara di bagian atap (untuk mobil box) atau bumper tambahan di bagian depan.

Yang tidak boleh dilupakan adalah penggunaan onderdil asli yang dikeluarkan oleh produsen kendaraan sudah memiliki perhitungan tepat. Jangan memakai onderdil palsu. Mesin mobil akan cepat aus dan pemborosan bahan bakar tak terhindarkan. (AF)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir, melalui email redaksi[at]jakportal.com
beserta dengan biodata lengkap.
Kiriman Anda akan di muat di kanal citizen journalism (Suara Indonesia).
Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi dan mengikuti aturan Jakportal.com

Email Redaksi : redaksi[at]jakportal.com - Iklan : iklan[at]jakportal.com / marketing[at]jakportal.com


jakportal
Rate this article!
Kiat Menghemat BBM,0 / 5 ( 0votes )
Tags:
Has been viewed 356 times