Reformasi di Tubuh Kejaksaan Harus Berani Diproses Secara Pidana

arus bawah jokowi jakportal
ABJ Sepakat Penegakan Hukum Tak Hambat Pembangunan

Jakportal.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada para jaksa agar terus melakukan pencegahan, dan pemberantasan korupsi. Selain itu, para jaksa diminta untuk tidak 'nakal', yakni menjadikan para terdakwa dan terperiksa sebagai dagangan.

Menanggapi hal itu, Ketua Divisi Bidang Hukum dan HAM, Arus Bawah Jokowi (ABJ), Rory Sagala mengapresiasi pernyataan orang nomor satu di Indonesia itu. Menurut dia, Jokowi telah berani bicara tentang realitas yang terjadi dalam hal penegakan hukum di Indonesia.

"Semua pihak harus dukung Presiden dalam melakukan reformasi di tubuh Kejaksaan. Kejagung harus betul-betul melaksanakan apa yang disampaikan Pak Jokowi," ujar Rory dalam keterangannya, Jumat (25/7/2015).

Kata dia, Kejagung melalui Jaksa Agung Muda Pengawasan (Jam Was) agar tidak bekerja dan hanya menunggu laporan dari lapangan.

"Mereka harus proaktif melakukan jemput bola membersihkan kejaksaan dari jaksa-jaksa yang suka melakukan transaksi perkara. Bahkan kalau perlu Kejagung harus membentuk satuan khusus yang bertugas menangani permasalahan itu (transaksi perkara-red) di tubuh kejaksaan," tegasnya.

Satuan khusus itu, sambung dia, harus berada langsung dibawah Jaksa Agung agar memiliki kekuatan.

"Nantinya, Satuan Khusus ini diberi tugas untuk mengawasi, menyelidiki, dan melakukan sidak ke Kejari-kejari dan Kejati-kejati di seluruh Indonesia demi reformasi Kejaksaan," tuturnya.

Rory Menegaskan juga bahwa Jaksa dalam melakukan Penegakan hukum jangan sampai memiliki efek buruk karena menciptakan ketakutan di kalangan pejabat negara pengambil kebijakan, ataupun di kalangan Pengusaha.

Menurut Rory, Jika terdapat Jaksa yang masih berani bermain perkara harus di hukum secara pidana.

"Tidak hanya diberi sanksi administratif, seperti teguran, mutasi, dan pemecatan. Tetapi, Jaksa yang berani "bermain" juga harus diproses secara pidana," tutupnya. [OH]

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir, melalui email redaksi[at]jakportal.com
beserta dengan biodata lengkap.
Kiriman Anda akan di muat di kanal citizen journalism (Suara Indonesia).
Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi dan mengikuti aturan Jakportal.com

Email Redaksi : redaksi[at]jakportal.com - Iklan : iklan[at]jakportal.com / marketing[at]jakportal.com


jakportal
Tags:
Has been viewed 3,441 times