Sejauh Mana Anda Gagal?

gagal pertamax gan
Judul: GAGAL PERTAMAX Gan!
Penulis: DON Barnes & DWI Sammy
Penerbit: Puspa Swara
Terbit: 2014
Tebal: 192 halaman

Jakportal.com - Lebih baik gagal dulu baru sukses, daripada sukses dulu baru gagal. Hayo... Anda pilih mana? Kalau kau gagal, maka kau hanya punya dua pilihan: jadi lebih kuat dari sebelumnya atau jadi lebih lemah.

Banyak buku yang membahas tentang meraih kesuksesan. Padahal, di balik itu semua tidak sedikit kesuksesan yang diraih dengan mudah. Ada kegagalan yang turut menyertai. Maka pertanyaannya, sudah sejauh mana anda gagal? Lalu, sudah sejauh mana Anda bangkit dari kegagalan itu?

Ingat, kegagalan selalu mengintai Anda. Kegagalan dan kesuksesan selalu datang beriringan dan menyusul bersama di belakang Anda. Jadi mulailah berpikir positif terhadap kegagalan. Jangan menghindar, tetapi hadapi kegagalan itu. Berhentilah berkata “saya harus sukses” atau “saya tidak boleh gagal!” Ganti kalimat tersebut dengan “saya siap sukses dan siap gagal”. Karena sukses dan gagal itu selalu bersama-sama.

Inilah pesan Don di dalam bukunya yang berjudul GAGAL PERTAMAX GAN. Berdasar pada pengalaman gagal “Krizpy Frenzy” yang sudah makan asam garam soal kegagalan, pembaca diajak untuk menjadi lebih dewasa, lebih bijaksana, lebih sabar, serta lebih mampu berpikir dan bersikap positif di hadapan kegagalan. Pengalaman gagal pula yang membawa penulis melahirkan novel ini dan cikal bakal berdirinya sebuah usaha makanan khas dari negara sakura – Jepang yang diberi nama PANDORABA: The Kingdom Of Wagashi.

Dalam novel ini, Don dan Sam (penulis) berbagi cerita tentang kegagalan mereka yang memberikan banyak pelajaran bermanfaat, terutama mengenai pikiran dan mental. Mereka belajar dari beberapa tokoh-tokoh hebat untuk merkonstruksi cara pandang terhadap pengalaman gagal. Tokoh-tokoh inspirator itu antara lain: Tomas Alva Edison, Abraham Lincoln, Wirght Bros dan tokoh-tokoh hebat lainnya. Juga, mereka belajar dari orang-orang yang pernah ngebully mereka dan karya-karya mereka.

Novel ini diterbitkan oleh penerbit Puspa Swara, yang mana awal-mula tulisan-tulisan ini tertuang dalam sebuah forum online Kaskus, dengan judul: Rahasia Sukses Udah Biasa, Ini Dia Rahasia Kegagalan. Tulisan-tulisan tersebut merupakan sebuah kisah nyata tentang Don dan sahabat-sahabat terbaiknya, yaitu rahasia kegagalan. Rahasia di balik kegagalan mereka pun menjadi Hot Treads. Hal inilah yang membuat Penerbit Puspa Swara melirik pengalaman mereka untuk diolah menjadi novel. Dan di dalam novel tersebut juga terdapat beberapa contoh cerita/inspirasi yang dapat merubah mind set dan mental attitude menjadi lebih baik.

Dikisahkan, Krizpy Frenzy yang disingkat dengan KF tanpa C, terlahir dengan normal tanpa diketahui bapak-ibunya. Dimana Don dan Sam merupakan Founding Fathers berposisi sebagai kapten dan wakil kapten, beserta crew yaitu Paimin, pemuda bertubuh tinggi kurus dengan gaya rambut polem (poni lempar) yang terobsesi jadi orang ganteng. Kusnaedi, mukanya standar dan rambut agak keriting, tapi standar juga, hidungnya besar mirip Mr. Bean (saking miripnya, Mr. Bean hampir kalah), biasa jadi korban bully anggota lain, khususnya sang kapten. Sugeng paling pendek diantara semua, nggak bisa keluar rumah kalau rambutnya belum pake gel biar berjambul, yang katanya jimat untuk dapetin cewek. Dan terakhir, Suparmin, badannya kekar kotak-kotak, mukanya gak kalah kotak dan kepalanya botak (botak nanggung sih. Mau dibilang botak nggak pas, dibilang ada rambutnya juga nggak. Nanggunglah pokoknya). Intinya Krizpy Frenzy berisi 6 orang aneh yang setiap hari minggu berkumpul untuk mengerjakan komik.

Don sebagai kapten, beserta lima temannya memulai Krizpy Frenzy dengan berbagi tugas. Don bertugas bikin cerita, Sam bagian gambar, Paimin bagian tracing (menebalkan garis), Kusnaedi edit di komputer, Sugeng berdoa yang banyak biar komiknya sukses, dan Suparmin seharusnya bagian membeliin makanan. (hal. 24)

Kegagalan dalam membuat komik selalu menghampiri mereka, tetapi akhirnya mereka dapat menemukan dimana titik-titik kesuksesan menghampiri dibalik kegagalan.
Rahasia #1
Gagal = Belajar

Rahasia #2
Sukses = Gagal + 1

Rahasia #3
Gagal = the Just of God

Rahasia #4
Gagal semu vs gagal nyata

Rahasia #5
Gagal = Pendidikan Mental

Proses lahirnya novel ini dimulai Don dengan menuliskan satu kata, satu kalimat, satu paragraf, satu chapter, dan akhirnya jadilah satu novel yang dikerjakan dalam waktu 6-7 bulan. Penulisan cerita mengalir dengan sisipan kisah-kisah inspirasi dan motivasi. Nuansa humor dan bahasa kocak dan ringan memberi efek menarik sehingga pembaca mudah untuk memahami isi dan pesan novel yang terkandung di dalamnya. Yah, kalau tidak mengerti silakan baca kembali, tapi jangan sampai membuat Anda, khususnya para wanita, hamil akibat membaca novel ini. (Maksudnya? Halah... sudah skip saja bagian ini... ^_^)

Untuk mengetahui rahasia-rahasia (mereka) SIAP GAGAL = SIAP SUKSES, silakan baca sendiri novel Gagal Pertamax Gan by DON Barnes & DWI Sammy. Tetapi hati-hati apabila pada bagian sampul depan buku ini anda melihat petunjuk berupa tanda panah, karena jika anda membuka lipatan sampulnya dengan tidak mengikuti petunjuk maka anda akan nyesel. Hoho.. 🙂

Jh Situmorang

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir, melalui email redaksi[at]jakportal.com
beserta dengan biodata lengkap.
Kiriman Anda akan di muat di kanal citizen journalism (Suara Indonesia).
Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi dan mengikuti aturan Jakportal.com

Email Redaksi : redaksi[at]jakportal.com - Iklan : iklan[at]jakportal.com / marketing[at]jakportal.com


jakportal
Rate this article!
Sejauh Mana Anda Gagal?,0 / 5 ( 0votes )
Tags:
Has been viewed 303 times