Presiden Jokowi Kunjungi Nias Wujudkan Nawacita

JAKPORTAL - Salah satu tokoh Nias, Firman Jaya Daeli mengakui Kepulauan Nias sangat tertinggal jika dibandingkan dengan kabupaten/kota lain secara nasional. Hal itu dikatakan saat acara ceramah tunggal Firman Jaya Daeli, SH dalam dialog interaktif jajaran pemerintah kabupaten Nias Utara,yang dihadiri Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara, Anggota DPRD Nias Utara F.Zega), Dan Jajaran Pemerintah Kabupaten Nias Utara (Para Asisten Sekda, Staf Ahli, Kepala Dinas, Kepala Badan, Camat dan insan pers dengan thema "Percepatan Pembangunan Dan Penguatan Sistem Pemerintahan Di Nias Utara, Kamis, (10/8/2016).

Firman J Daeli menjelaskan bahwa pemerintah daerah sebagai bagian struktural dari pemerintah nasional harus dalam posisi menguatkan dan menjabarkan visi, misi, dan program pemerintah nasional dalam hal ini "Nawacita" dari pemerintahan Jokowi-JK. apalagi kawasan wilayah Kepulauan Nias (Kepni) sebagai daerah tertinggal dan pinggiran sudah menjadi perhatian khusus presiden jokowi sejak dahulu.

“Perhatian khusus presiden jokowi saat ini sangat fokus dalam pembangunan, untuk itu dalam bekerja membangun dialog-dilaog dan kumunikasi pembangunan yang konstruktif sepatutnya harus selalu dikembangkan oleh pemerintah termasuk kepada rekan-rekan pers dengan sesungguhnya memberikan begitu banyak saran dan masukan bagi pembangunan daerh,” ujar Firman Jaya Daeli yang merupakan mantan tim sukses Jokowi-JK, di mana firman jaya daeli pernah (2) kali memfasilitasi pertemuan (mempertemukan) bapak jokowi dengan komunitas warga masyarakat kepulauan nias di Jakarta.

Ditambahkan, Menteri Perhubungan RI (Budi Karya Sumadi) ketika berkunjung ke Kepni beberapa hari lalu sebagai wujud nyata untuk pelaksanaan pembangunan yang menjadi fokus perhatian khusus Presiden Jokowi terhadap Kepni. Hal ini semakin memposisikan program dan kebijakan pemerintah, khususnya Kabupaten Nias Utara sebagai bagian dari Kepni untuk memastikan melaksanakan visi, misi, program nawacita Di Nias Utara.
“Perhatian khusus Presiden Jokowi ditandai dengan rencana kunjungan kerja presiden jokowi ke kepni yang memang sudah lama diagendakan Presiden Jokowi. berdasarkan komunikasi dengan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung Wibowo dan menurut informasi dari istana kepresidenan, presiden jokowi rencana ke Kepni, 19 agustus 2016,” kata Firman.

Bupati Nias Utara, M. Ingati Nazara dalam sambutannya mengatakan para jajarannya untuk berkomitmen melayani masyarakat melalui proses percepatan pembangunan dan penguatan kapasitas satuan-satuan pemerintahan. Pemerintah menilai forum diskusi ini disamping untuk memperkuat silaturahmi dan interaksi diantara pemerintah daerah dengan daerah kabupaten/kota di Kepulauan Nias juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan dialog pembangunan, menggagas inisiatif-inisiatif baru guna menghadapi tantangan pembangunan yang cendrung semakin kompleks.

“Kita semua memiliki tangung jawab dalam pembangunan, sesuai dengan kedudukan dan fungsi masing-masing, semua mitra kerja pemerintah, baik perantau asal Kepulauan Nias, pers sebagai alat kontrol sosial sekaligus media komunikasi kepada masyarakat, semua itu harus kita senergikan sehingga menjadi kekuatan besar dalam pembangunan, ujar Ingati Nazara.

Sementara Anggota DPRD Nias Utara F. Zega menyampaikan sambutan enyambut baik forum diskusi publik ini selain itu juga menyambut baik atas terbangunnya sinergitas. “Hal ini sangat positif, dimana menyambut baik forum diskusi publik ini, terutama Pak Firman J Daeli atas terbangunnya sinergitas, untuk mewujudkan program Nawacita Presiden Jokowi selaras dengan penjabaran pelaksanaan visi, misi, dan program bupati dan wakil bupati nias utara” kata F Zega.

Dalam yang dipandu Kepala Bappeda Nias Utara Yusman Zega , turut juga hadir sejumlah pejabat struktural pemda nias utara Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara, Anggota DPRD Nias Utara F.Zega, Dan Jajaran Pemerintah Kabupaten Nias Utara (Para Asisten Sekda, Staf Ahli, Kepala Dinas, Kepala Badan, Camat, dan insan Pers. (LS)

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir, melalui email redaksi[at]jakportal.com
beserta dengan biodata lengkap.
Kiriman Anda akan di muat di kanal citizen journalism (Suara Indonesia).
Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi dan mengikuti aturan Jakportal.com

Email Redaksi : redaksi[at]jakportal.com - Iklan : iklan[at]jakportal.com / marketing[at]jakportal.com


jakportal
Tags:
Has been viewed 316 times