Rayakan HUT RI Ke-71, Koalisi Selamatkan Pede Apel di Pantai Pede

Koalisi Peduli Pede

Koalisi Peduli Pede

JAKPORTAL.COM, Manggarai Barat- Memaknai hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 dilaksanakan secara berbeda-beda. Setiap Instansi negara pun memperingatinya di lembaga masing-masing.

Namun kali ini ada yang unik. Koalisi Peduli Pantai Pede bersama Gereja setempat melaksanakan apel memperingati hari kemerdekaan di Pantai Pede, Labuan Bajo yang saat ini tengah digadang-gadang untuk diprivatisasi oleh sejumlah investor dan dibackingi oleh Gubernur NTT, Frans Lebu Raya.

Diketahui Inspektur upacara dalam apel tersebut adalah koordinator Aksi Dus Barat Daya.

Pakaian Apel sejumlah warga yang peduli ruang publik tersebut masing-masing menggunakan pakaian adat setempat.

Rangkaian acara apel yang dinilai merdeka dalam kungkungan para penguasa ini yakni membaca puisi dan deklarasi mempertahankan pantai Pede untuk tetap menjadi ruang publik. Uniknya, dalam apel ini semua peserta memegang spanduk yang bertuliskan "Seva Pede".

Usai Apel, mereka mengelilingi kota Labuan Bajo untuk menyampaikan aspiranya bahwa pantai Pede bukan ruang privat melainkan ruang publik dimana masyarakat bebas akses tanpa dibatasi oleh kepentingan apa pun.

Namun nahas setibanya di depan kantor Bupati Manggarai Barat, mereka dihadang petugas keamanan lantaran diduga mengusik jalannya upacara Apel.

Akan tetapi setelah negosiasi dengan petugas setempat tujuan aksi mereka sehingga mereka pun diberi izin untuk melewati tempat tersebut.

Diketahui, sejumlah orang yang tergabung dalam koalisi peduli Pede tersebut yakni para Pastor Katolik, Sejumlah Advocat, Akademisi dan komponen masyarakat yang peduli pantai Pede.

Odi

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir, melalui email redaksi[at]jakportal.com
beserta dengan biodata lengkap.
Kiriman Anda akan di muat di kanal citizen journalism (Suara Indonesia).
Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi dan mengikuti aturan Jakportal.com

Email Redaksi : redaksi[at]jakportal.com - Iklan : iklan[at]jakportal.com / marketing[at]jakportal.com


jakportal
Tags:
Has been viewed 226 times