Buntut Kasus Martina, Yustinus Lesek : Kita Harus Bersyukur Dengan Anak Tanah

 

Yustinus Lesek (Odi/Jakaportal.com)

Yustinus Lesek (Odi/Jakaportal.com)

JAKPORTAL.COM, Jakarta- Pemimpin Redaksi Penerbit Obor, Yustinus Lesek angkat bicara terkait pengusiran seorang gadis bernama Martina Kolas yang ingin menerima Sakramen Komuni Pertama (Sambut Baru), oleh seorang pastor, di stasi Lirikelang-Sikka-NTT, Minggu (2 Oktober 2016).

Diketahui, alasan pengusiran tersebut disebabkan oleh ibunda Martina, yakni Ertina Lodan masih memiliki tunggakan di Gereja Paroki Nita, Keuskupan Maumere, sebesar Rp 634 ribu.

Terkait hal ini, Yustinus menilai Gereja di Flores telah lebih dari satu abad. Artinya Gereja Flores tidak perlu berlebihan mensyukuri jasa-jasa para misionaris asing yang bertahan saat ini.

"Tetapi kita harus bersyukur dengan anak tanah yang dengan karakter budaya dan kepribadian mau menjadi ladang yang subur menumbuhkembamgkan iman katolik di sana (di flores)," ujar Yustinus di Jakarta Minggu (9/10).

Seyogyanya kata Yustinus tugas penerus misionaris yang notabene buah dari anak tanah itu sendiri merawat tanah tersebut supaya tidak gersang.

Yustinus pun mengutip injil Mat 19 : 14 sebagai pendasaran biblis yang mengatakan bahwa Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah c yang empunya d Kerajaan Sorga."

"Teks kitab suci ini harus diterjemahkan dalam kasus ini. Pertanyaan mengapa uang yang menjadi tujuan utama," tegasnya.

Pria jebolan STFK Ledalero ini mempertanyakan, bukankah belaskasihan terutama tahun kerahiman ilahi ini melampaui perhitungan manusiawi apalagi uang demi sebuah tawaran keselamatan.

"Teks ini harus ditafsir dalam konteks sekarang bukan pada batasan usia seorang anak kecil tapi substansinya adalah kepolosan kerinduan terdalam kejernihan nurani dari anak tanah yang miskin untuk menyambut Yesus," pungkasnya.

Odi

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir, melalui email redaksi[at]jakportal.com
beserta dengan biodata lengkap.
Kiriman Anda akan di muat di kanal citizen journalism (Suara Indonesia).
Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi dan mengikuti aturan Jakportal.com

Email Redaksi : redaksi[at]jakportal.com - Iklan : iklan[at]jakportal.com / marketing[at]jakportal.com


jakportal
Tags:
Has been viewed 214 times